SOSIALISASI DAN EDUKASI MENGENAI PENYAKIT MULUT DAN KUKU (PMK) PADA HEWAN TERNAK

SOSIALISASI DAN EDUKASI MENGENAI PENYAKIT MULUT DAN KUKU (PMK) PADA HEWAN TERNAK

Hallo sahabat sehat, Hari ini Dokter Kirbi dan tim melakukan penyuluhan kesehatan di Kantor Nagari Sungai Buluh mengenai penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Pada Hewan Ternak. Pada Hari Raya Idul Adha anjuran melaksanakan Qurban adalah sunnah yang sangat dianjurkan (sunnah muakkadah). Pada saat kamu berqurban pastikan pihak penyelenggara Qurban di daerah setempat hewan yang akan di Qurban memiliki sertifikat sehat. Hal tersebut dikarenakan adanya penyakit mulut & kuku merupakan penyakit infeksi virus yang bersifat akut dan sangat menular pada hewan berkuku genap/belah. Hewan yang terkena penyakit tersebut berupa Ruminansia (sapi, kerbau, kambing, domba) babi, Unta dan beberapa jenis hewan liar (bison, antelope, jerapah dan gajah) dan dampaknya adalah kerugian ekonomi sangat besar (penurunan produktivitas, kematian, harga jual rendah).

Tips Bagi Konsumen Agar Tidak Menyebarakan Virus PMK ke Lingkungan yang Dapat Menular ke Hewan Rentan Lainnya Melalui Daging :

  • Sampai di rumah, daging tidak dicuci dan langsung direbus minimal 30 menit atau disimpan di kulkas minimal 24 jam
  • Jika daging ingin dibekukan, simpan dulu daging di kulkas minimal 24 jam lalu dibekukan
  • Jeroan harus langsung direbus mendidih minimal 30 menit
0 Komentar

Categories

Maps

https://hokimartel4d.com/ https://hokimajalah4d.shop/ https://manisnet.org/ https://motinetwork.net/ https://columbus-ms.org/ https://saintsimonslighthouse.org/ https://calistogacafe.com/ https://anasiamusic.com/ https://www.cctv-america.tv/ https://xmajalah4d.com/ https://litmuszine.com/ https://antiprobs.com/ https://brittanilouisetaylor.com/ https://paygasnotrent.com/ https://jurnal.univrab.ac.id/docs/sell/ https://pritti.polinema.ac.id/ https://jurnal.ftm.uniba-bpn.ac.id/docs/ https://tomer.web.kalbis.ac.id/ https://oti.sidang.pa-majalengka.go.id/ https://simrs.mpi-indonesia.co.id/ https://pesan.pikniknusantara.co.id/ https://kantong.peloporwiratama.co.id/ http://jdih.ketapangkab.go.id/console/ https://ric.dpmptsp.riau.go.id/docs/ http://bionursing.fikes.unsoed.ac.id/files/